Sabtu, 28 Juni 2014

7 Buku Yang Akan Merubah Kehidupan Anda Secara Dramatis

"Orang yang gemar membaca, memiliki segalanya dalam jangkauannya"


Salah satu hobi dan kegemaran saya adalah membaca buku.

Membaca buku merupakan bagian dari pengembangan diri kita untuk bisa menjadi sosok yang lebih berkualitas dan bernilai sehingga bisa memberi manfaat bagi orang lain.


Al Quran pun secara jelas dan langsung memerintahkan kita untuk membaca dan mendalami makna sebagai bagian dari pembelajaran kita.

Tidak banyak dari jutaan buku yang ada di dunia ini yang benar-benar ditulis berisikan ide-ide luar biasa yang bisa mempengaruhi kita dan merubah kehidupan kita secara dramatis.

Saya tidak berbicara buku-buku secara umum, namun hanya buku-buku yang berfokus dalam pengembangan diri. Melalui buku, saya mampu melihat dunia melalui kacamata yang lebih luas. Melalui buku, saya mampu mengarungi batasan dunia dan kehidupan ini tanpa batas. Melalui buku juga kehidupan saya terangkat ke dalam derajat yang lebih tinggi dan kebijaksanaan.

Saya sangat merekomendasikan anda untuk bisa menikmati karya orang-orang hebat dan masuk ke dalam gagasan dan pemikiran mereka sehingga akan mendapatkan inspirasi dan menjadi orang yang lebih baik bagi kehidupan ini.

Berikut adalah buku-buku terbaik yang sangat saya rekomendasikan untuk anda baca, anda terapkan dalam kehidupan pengembangan pribadi anda,

1. The 7 Habits of Highly Effective People, oleh Stephen R Covey




Siapa yang tidak mengenal seorang maha guru besar dalam manajemen dan efektifitas pribadi, Dr Stpehen R Covey. Pengaruh buku ini luar biasa bagi kehidupan pribadi saya. 


Secara tidak sengaja saya menemukan buku ini sekitar tahun 2006 di kamar sahabat saya, yang secara total dan dramatis telah merubah kehidupan saya.

Apa yang ditulis buku ini begitu luar biasa dan sangat menyentuh. Anda akan belajar tentang menjadi manusia seutuhnya dan menyadari anugerah-anugerah terbesar dalam kehidupan anda. Serta meraih efektifitas dalam kehidupan anda melalui pembangunan fondasi terpenting dalam kehidupan, yaitu KARAKTER.

Anda akan menyelami lebih jauh mengenai makna kesuksesan yang sesungguhnya bagi anda melalui pengembangan kebiasaan. Anda akan didorong untuk menjadi manusia paling tangguh dalam mental dan karakter serta mampu mengatasi berbagai masalah terberat yang mungkin akan menghambat dan merintangi dalam perjalanan anda menuju kesuksesan.

Sangat saya rekomendasikan.

2. Awaken The Giant Within, oleh Anthony Robbins




Anthony Robbins berhasil menulis sebuah buku yang dikenal hingga saat ini. Dalam buku ini, meringkas bahwa sesungguhnya dalam diri kita ada anugerah serta kekuatan besar yang telah diberikan Tuhan dan menunggu kita untuk kita keluarkan dan jabarkan dalam tindakan kita.

Anda akan belajar tentang dahsyatnya kekuatan sebuah keputusan dan keyakinan diri serta menerapkan strategi-strategi ampuh namun sederhana untuk merubah secara dramatis segala aspek keberhasilan dan aspek terpenting dalam kehidupan anda, mulai dari pengelolaan keuangan, karir, bisnis, hubungan, kesehatan, waktu, hingga mentalitas keseharian anda.

3. Think and Grow Rich, oleh Napoleon Hill



Sebuah mahakarya besar, hasil perenungan dan rangkuman resep-resep rahasia pengumpulan kekayaan sejati yang dikumpulkan oleh berbagai latar belakang, mulai pengusaha, guru, manajer, presiden, hingga petugas administrasi.

Prinsip-prinsip di dalam buku ini, ditulis dan dirangkum oleh penulis besar Napoleon Hill. Di dalamnya anda akan mempelajari prinsip-prinsip keberhasilan terutama dalam pengelolaan keuangan. Anda akan mengenal metode auto sugesti, keyakinan, perencanaan, kekuatan tim, rahasia di balik do'a hingga menggunakan motivasi cinta dan seksual anda sebagai energi terbesar untuk meraih keberhasilan.

4. How to Win Friends and Influence People, oleh Dale Carnegie



Kehidupan kita sangat dipengaruhi oleh dengan siapa kita bergaul dan menghabiskan banyak waktu. Keseharian kita diisi oleh interaksi dengan berbagai macam manusia dengan karakter dan kepribadian mereka yang berbeda-beda.

Dalam buku ini anda akan mempelajari teknik-teknik dan prinsip-prinsip sejati dalam mempengaruhi orang lain, siapapun itu agar anda bisa saling memberikan manfaat bagi kedua belah pihak. 


Seni mempengaruhi orang lain sangatlah penting agar anda bisa mendapatkan bantuan dan dukungan dari orang-orang yang memang anda butuhkan agar anda bisa mencapai tujuan tersebut.

Prinsip-prinsip seperti menghindari menyalahkan orang lain, mengingat nama orang lain, memuji orang lain, diringkas dan dijelaskan dengan narasi dan cerita yang sangat menginspirasi.

5. As A Man Thinketh, oleh James Allen



Buku kecil ini merupakan hasil perenungan James Allen, seorang penulis kelahiran Inggris beratus-ratus tahun lalu. Hingga saat ini, pengaruh buku ini masih sangat luar biasa dan dipergunakan oleh banyak orang terutama para pemimpin tentang filosofi keberhasilan dalam hidup.

Buku ini menjelaskan bahwa sumber dari kehidupan anda adalah pikiran anda sendiri. Bahwa pikiran andalah yang menentukan kualitas kehidupan anda seperti apa. 


Bahwa pikiran andalah yang akan membentuk karakter dan kebiasaan anda. Yang mengajarkan tentang pentingnya menjernihkan pikiran dan merawatnya dengan baik untuk menghasilkan kualitas kehidupan terbaik dalam kehidupan anda.

6. The Alchemist, oleh Paulo Coelho



Sebuah novel dengan narasi yang begitu sempurna dan indah. Novel ini akan sangat mengisnpirasi anda dan membuat anda memikirkan kembali tentang apa saja tujuan dalam hidup anda. Novel ini menceritakan seorang penggembala miskin yang bernama Santiago yang mengejar impiannya menemukan harta karun di piramida Mesir, di mana dalam perjalanan dan petualangannya ia menemukan keyakinan hati, keberanian serta pentingnya keyakinan dalam menegjar impian terbesar anda terlepas dari apapun rintangan dan halangan yang akan menghadang anda.



7. Eat Your Frog, Oleh Brian Tracy



Sebuah buku kecil namun sangat penuh aplikasi sederhana yang bisa anda terapkan langsung dalam pengelolaan waktu. 


Dalam buku ini, Brian Tracy menekankan pentingnya pengelolaan waktu untuk mencapai hasil dan produktifitas yang sempurna.

Ada beberapa teknik dalam buku ini dalam perencanaan, menuliskan tujuan, fokus, hukum parkinson, hukum pareto yang bisa anda gunakan langsung untuk meringkas segala kegiatan harian anda demi tercapainya produktifitas yang luar biasa.

Dalam buku ini anda akan menyadari bahwa aktifitas bukanlah produktifitas. Bahwa waktu yang diberikan kepada setiap orang sama, namun kemampuan kita mengelola tugas harian kita sangat menentukan sekali hasil yang kita raih.

Nah, itulah tujuh rekomendasi buku pengembangan pribadi yang sangat saya rekomendasikan kepada anda semua dalam tujuan untuk meningkatkan kualitas kehidupan anda.

Tentunya masih banyak buku lain yang tidak bisa saya tulis dan jelaskan di sini,

Saya yakin dalam kehidupan anda pun, pasti anda memiliki beberapa buku luar biasa yang mempengaruhi dan membentuk kehidupan anda.

Semoga menginspirasi,